Kemenag Realisasikan Program Beasiswa Guru Madrasah, Ada 2000 Peluang - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 19 Juli 2022

Kemenag Realisasikan Program Beasiswa Guru Madrasah, Ada 2000 Peluang


Jakarta, Anetry.Net
– Akhirnya rencana Kementerian Agama untuk meningkatkan kualitas guru madrasah direalisasikan melalui beasiswa.

 

Kuota yang disediakan oleh Kemenag untuk program beasiswa hasil kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Kementerian Keuangan itu mencapai 2000 guru.

 

Kabar gembira tersebut disampaikan oleh Plh. Dirjen Pendidikan Islam, Amin Suyitno, saat memberikan pengarahan pada Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam (PJJ PAI) di Malang, akhir pekan lalu.

 

Ia mengatakan, berdasarkan database guru dalam Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag (Simpatika), masih ada 3.912 guru madrasah pengampu mata pelajaran rumpun PAI yang harus ditingkatkan kualifikasi akademiknya.

 

"Sementara guru PAI di sekolah menurut data Sistem Informasi Administrasi Guru Agama (Siaga), jumlah guru PAI di sekolah yang kualifikasi akademiknya belum S1 mencapai 14.695 orang," terang Suyitno seperti dilansir dari laman Kemenag, Senin (18/7).

 

Suyitno mengungkapkan, persoalan kualifikasi akademik guru ini tidak hanya dialami guru di madrasah dan sekolah saja. Guru-guru agama yang mengajar di madrasah diniyah dan pondok pesantren pun dinilai sama, masih banyak yang belum memenuhi kualifikasi akademik sarjana.

 

Kondisi tersebut menjadi latar belakang dibukanya program beasiswa guru PAI di sekolah, madrasah diniyah, dan pondok pesantren yang belum S1. Bantuan pendidikan yang akan diberikan adalah beasiswa PJJ PAI yang diselenggarakan di IAIN Cirebon.

 

"Beasiswa ini peluang yang amat sayang jika tidak dimanfaatkan oleh para guru, apalagi diselenggarakan dalam bentuk PJJ dengan pembelajaran secara fleksibel, namun tetap berkualitas," tegasnya. (sumber: detikcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad