Kecintaan Peserta Didik terhadap Budaya Lokal Perlu Ditanamkan - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 14 Juli 2022

Kecintaan Peserta Didik terhadap Budaya Lokal Perlu Ditanamkan


Serdang Bedagai, Anetry.Net
–  Guru agar tetap menanamkan kecintaan terhadap budaya kepada seluruh peserta didiknya.  

 

Selain itu, guru juga sekaligus menanamkan pemahaman agar peserta didik tidak melupakan budaya lokal, karena budaya adalah kekayaan Indonesia yang harus dilestarikan.

 

Pesan tersebut disampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP saat membuka acara Pelatihan Pelestraian Budaya Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru PAUD di Rahmat Zoo Desa Bengabing Kecamatan Pegajahan, Rabu (13/7) kemarin.

 

Adlin menyebut, di tengah era globalisasi khususnya yang berkaitan dengan teknologi, budaya dan kearifan lokal harus dapat ditanamkan pada generasi muda sejak berusia dini.

 

"Anak harus diajarkan mencintai budaya lokalnya," katanya di hadapan yang hadir antara lain, Bunda PAUD Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Ny Uke Retno Faisal Hasrimy, perwakilan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Wilayah Sumut Tety Muharmi, Ketua HIMPAUDI Sergai, Wagiati, S.Pd, Kadis Pendidikan Seergai Suwanto, S.Pd, MM serta undangan dan peserta pelatihan dari 15 kecamatan se-Sergai.

 

Di acara yang digelar HIMPAUDI Kabupaten Sergai ini, Adlin mengutarakan jika siap tidak siap dan suka tidak suka, globalisasi harus kita hadapi. Tantangan global, lanjutnya, menjadi sebuah tantangan yang di satu sisi memberikan dampak positif, namun di sisi lain juga dapat memberikan dampak negatif.

 

Oleh karenanya, Adlin berpesan agar para pendidik dapat mengemas perkembangan teknologi dengan baik sehingga anak-anak tidak terkontaminasi dengan hal yang negatif.

 

Adlin menambahkan, jika anak usia dini harus dikenalkan pengetahuan terkait masalah kelestarian budaya sehingga tahu bagaimana kultur budaya kearifan lokal yang ada di Indonesia khususnya di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

 

“Peranan pendidik yang terbagung dalam HIMPAUDI menjadi jalan strategis dan sangat penting untuk menanamkan sekaligus melestarikan budaya lokal. Harapannya HIMPAUDI dapat menjadi pelopor utama untuk menjaga nilai- nilai budaya lokal, nilai religius dan adat istiadat yang ada di Sergai,” pungkasnya.

 

Usai membuka acara, Adlin bersama seluruh yang hadir mengunjungi Stand PAUD kecamatan yang menyajikan kearifan kuliner lokal di antaranya jamu tradisional, itak, ombus-ombus dan kue mata roda. (sumber: infopublik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad