Instruktur Program PKB Madrasah Terima Materi Penguatan Moderasi Beragama - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 06 Juli 2022

Instruktur Program PKB Madrasah Terima Materi Penguatan Moderasi Beragama


Jakarta, Anetry.Net
– Kemenag lakukan Refreshment Instruktur Nasional Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru dan Tenaga Kependidikan.

 

Salah satu materi pokok yang diterima peserta adalah penguatan moderasi beragama. Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain menyampaikan, materi Moderasi Beragama sangat penting bagi Instruktur Nasional PPKB. Sebab, Instruktur PPKB merupakan pihak yang akan melatih peserta di tingkat provinsi dan kabupaten.

 

“Dalam konteks pengajar, guru harus selalu menghindari perilaku atau pengungkapan yang ekstrem. Sikap moderasi dalam beragama sangat penting, dan harus didukung dengan penguasaan literasi agama yang baik,” kata Zain di Jakarta, pekan lalu

 

Kata Zain, penguatan moderasi beragama menjadi salah satu program unggulan Kementerian Agama. Hal ini penting dalam rangka mewujudkan harmoni, karena akselerasi pembangunan tidak bisa dilakukan tanpa terjadinya harmoni dan kondisi damai.

 

"Moderasi beragama sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW sampai hari ini. Moderasi beragama bukanlah pendangkalan akidah, justru mereka yang bertindak ekstrem itu bukan ajaran agama Islam. Saya menginginkan guru-guru madrasah kita menjadi MODIS, yakni moderat, inovator, dan inspirator," jelasnya.

 

Ia memaparkan, moderat dalam arti guru harus selalu menghindari perilaku atau pengungkapan yang ekstrem. Inovator, yakni guru yang selalu memiliki rasa ingin tahu, sehingga mendorong dirinya menciptakan serta memperkenalkan gagasan barunya.

 

“Kemudian inspirator, diharapkan setiap guru yang profesional dapat menjadi inspirasi bagi semua yang ada di sekelilingnya, baik bagi peserta didik, sesama guru bahkan masyarakat.” tambahnya.

Kepada peserta ia berharap, dengan adanya program PKB kualitas dan mutu guru madrasah akan meningkat, sehingga guru madrasah semuanya hebat dan moderat.  

 

Kegiatan Refreshment Instruktur Nasional PPKB diikuti 218 Instruktur Nasional dari berbagai jenjang. Jenjang MI sebanyak 20 peserta, jenjang MTs sebanyak 65 peserta, jenjang MA sebanyak 133 peserta dan kelas Moderasi Beragama sebanyak 30 peserta. (sumber: laman kemenag)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad