Gunakan Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Pahami Kompetensi Peserta Didik - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 04 Juli 2022

Gunakan Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Pahami Kompetensi Peserta Didik


Jakarta, Anetry.Net
Wajib hukumnya bagi guru memahami kompetensi peserta didik sebelum mengawali pembelajaran.

 

Pemahaman itu guna memudahkan penentuan metode ajar yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal. Untuk itu Ditjen GTK Kemdikbudristek kembali menyelenggarakan webinar Sapa GTK episode ke-6, Jumat lalu.

 

Adapun tema yang diangkat adalah “Ciptakan Pembelajaran Bermakna dan Berkualitas Melalui Asesmen Awal dan Pembelajaran Terdiferensiasi”.

 

Tema itu mengupas langkah-langkah asesmen awal pembelajaran dan pembelajaran terdiferensiasi agar guru memiliki informasi awal dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara tepat.

 

Pada prinsipnya, sekolah diberi kebebasan dalam memilih dan menerapkan kurikulum di sekolah.  Untuk memudahkan hal ini, Dirjen GTK Iwan Syahril mengatakan, Kemdikbudristek telah menyiapkan angket untuk membantu satuan pendidikan menilai tahap kesiapan dirinya sebelum menggunakan Kurikulum Merdeka.

 

Iwan mengungkapkan terdapat dua tahapan penting yang harus dilakukan sebelum para guru mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran di kelas.

 

“Setelah mengetahui data dan kondisi para murid, guru dapat memberikan intervensi pengajaran dan beragam aktivitas pembelajaran sesuai dengan level pembelajaran tersebut, bukan hanya melihat dari usia dan kelasnya. Guru mengajarkan kemampuan dasar yang perlu dimiliki peserta didik dan menelusuri kemajuannya,” kata Iwan memberi penekanan. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad