Full Buck Moon, Saksikan Fenomena Ini di Pertengahan Juli - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 06 Juli 2022

Full Buck Moon, Saksikan Fenomena Ini di Pertengahan Juli


Pekalongan, Anetry.Net
Sudah banyak fenomena antariksa yang terjadi di tahun 2022 ini. Dan bulan Juli ini masih ada beberapa fenomena langit yang akan terjadi.

 

Fenomena antariksa terjadi karena berbagai hal. Ada pula yang berdampak pada kehidupan manusia di bumi, ada yang tidak berpengaruh sama sekali alias sebagai tontonan keindahan hasil ciptaan Sang Khaliq untuk manusia.

 

Pada tanggal 14 Juli nanti, ada fenomena Buck Moon. Fenomena ini terjadi saat Bulan mencapai fase penuhnya pada Rabu (13/6) pukul 14.38 EDT atau Kamis (14/7) pukul 01.38 WIB.

 

Itu adalah bulan purnama di Juli. Biasa disebut juga Bulan Rusa atau Buck Moon, Thunder Moon, atau Hay Moon. Bulan purnama ini selalu bersinar di dekat bintang Sagitarius atau Capricornus.

Lalu apa istimewanya? Buck Moon merupakan sebuah fenomena di mana bulan purnama paling dekat dengan Bumi dalam orbit elipsnya. Disebut lunar perigee (titik terdekat Bulan-Bumi).

 

Bulan akan tampak 15 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang. Alhasil, fase ini dinamakan sebagai Bulan Rusa Super alias Full Buck Supermoon.

Terjadinya bulan purnama, yaitu ketika berada di seberang matahari di langit, jadi bulan purnama selalu terbit di timur saat matahari terbenam, dan terbenam di barat saat matahari terbit.

Karena sinar matahari mengenai bulan secara langsung pada saat itu, tidak ada bayangan yang terbentuk. Semua variasi kecerahan yang terlihat muncul dari perbedaan reflektifitas, atau albedo, batuan permukaan bulan.

 

Ingin menyaksikannya di pertengahan Juli nanti? Jangan lupa informasikan pada keluarga agar bisa menikmatinya bersama. (*/ist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad