Fenomena Unik, Gerhana Matahari Ini Terlihat dari Luar Angkasa - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 02 Juli 2022

Fenomena Unik, Gerhana Matahari Ini Terlihat dari Luar Angkasa


Jakarta, Anetry.Net
Pesawat pemantau matahari milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menangkap pemandangan

 

Gerhana Matahari unik yang hanya bisa dinikmati dari luar angkasa, terjadi pada pada Rabu (29/6).

 

"Pada puncak gerhana, Bulan menutupi 67 persen Matahari dan pegunungan Bulan diterangi oleh lidah api Matahari," demikian keterangan di Spaceweather.com menulis terkait pemandangan dari pesawat luar angkasa bernama Solar Dynamic Observatory (SDO).

 

Diketahui, SDO biasanya mengamati Matahari sebagai sumber cuaca antariksa, atau radiasi di luar angkasa yang mempengaruhi Bumi. Aspek yang dipelajarinya meliputi medan magnet Matahari, bintik Matahari, dan aspek lain yang memengaruhi aktivitas selama siklus reguler 11 tahun Matahari.

 

Dikutip dari NASA dalam laporan misi tersebut, SDO mempelajari bagaimana aktivitas Matahari dibuat dan mendorong cuaca luar angkasa. Pengukuran interior Matahari, atmosfer, medan magnet, dan keluaran energi oleh pesawat ruang angkasa semuanya bekerja untuk membantu kita memahami bintang tersebut.

 

SDO sendiri diluncurkan pada Februari 2010 dan merupakan bagian dari jaringan pesawat antariksa surya dari NASA dan mitranya, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

 

Melansir Forbes, ini bukan kali pertama gerhana Matahari hanya bisa dilihat dari angkasa. Selama tahun 1960 hingga 1970an, para astronot dalam misi Apollo melihat Matahari dihalangi oleh Bulan ketika mereka sedang dalam misinya.

 

Ternyata, Bulan bukan hanya satu-satunya satelit yang bisa menyebabkan gerhana Matahari. Pada awal tahun ini, satelit Mars yakni Phobos juga bisa menyebabkan pemandangan serupa, seperti terekam dalam kamera milik wahana NASA, Perserverance. (sumber: cnn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad