Exomuscle, Bantu Penderita Gangguan Otot dan Daya Tahan Gerak - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 17 Juli 2022

Exomuscle, Bantu Penderita Gangguan Otot dan Daya Tahan Gerak


Jakarta, Anetry.Net – Para peneliti di ETH Zurich ciptakan otot buatan bernama Myoshirt atau disebut "exomuscle".

 

Teknologi itu dirancang untuk pasien dengan gangguan otot, dan juga berpotensi membantu orang sehat dengan memberikan daya tahan gerak ekstra.

 

Myoshirt merupakan exoskeleton yang lembut dan dapat dipakai untuk tubuh bagian atas. Serat otot buatan(kabel) pada Myoshirt berjalan sejajar dengan otot pemakainya.

 

Sementara sensor dan algoritme cerdas yang terbenam akan mengontrak serat sintetis saat pengguna bergerak untuk mendapatkan kekuatan tambahan. ETH Zurich menggambarkan kabel itu sebagai "tendon buatan."

 

"Sistem ini dirancang untuk membuat pemakainya memegang kendali dan memungkinkan untuk menyesuaikan kekuatan sesuai keinginan pengguna," sebut ETH Zurich melansir Ubergizmo, Sabtu (16/7).

 

Menariknya, sistem otot buatan yang dikembangkan sangat intuitif dan tidak memerlukan peralatan besar, seperti yang sering terlihat pada perangkat terapi medis profesional.

 

Menurut ETH Zurich, semua penguji menemukan peralatan yang mudah digunakan dan semua pengguna (pasien dengan gangguan otot atau sehat) telah merasakan beberapa manfaat.

 

Namun sayangnya ini masih prototipe dan perlu memakan waktu (dan banyak dokumen) sebelum alat ini bisa menjadi perangkat medis untuk pasien. Pun demikian, ini adalah penemuan menjanjikan yang dapat mendorong lebih banyak inovasi di masa depan. (sumber: liputan6/Foto ETH Zurich)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad