Enam Elemen Profil Pelajar Pancasila Jadi Bekal Sukses Generasi Bangsa - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 05 Juli 2022

Enam Elemen Profil Pelajar Pancasila Jadi Bekal Sukses Generasi Bangsa


Jakarta, Anetry.Net
– Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan, terdapat enam nilai dalam Profil Pelajar Pancasila.

 

Keenam profil tersebut adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

 

Nadiem berharap keenam profil Pelajar Pancasila dapat diraih generasi muda. Dia menyebut keenam nilai itu akan membantu genarasi muda di masa depan.

 

"Menjadi bekal seluruh generasi muda untuk menggapai cita-cita di masa depan sesuai dengan minat dan potensi masing-masing anak," kata Nadiem dalam webinar Cerdas Berkarakter, Selasa (5/7).

 

Ia pun berpesan agar kaum muda Indonesia terus bersemangat belajar dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dia mengatakan nilai-nilai itu pula juga menjadi pedoman dalam kegiatan akademik.

 

“Sebab kecerdasan akademik yang dipadukan dengan karakter yang kuat itulah yang akan membantu adik-adik melangkah ke masa depan dan menghadapi semua tantangan. Dengan menjadi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, saya yakin adik-adik akan mampu melewati semuanya,” ucap dia. 

 

Sementara itu Ketua Dewan Wanita Persatuan (DWP) Kemdikbudristek Franka Makariem menjelaskan, perlunya generasi muda memiliki jiwa profil Pelajar Pancasila. Dia menuturkan keenam profil Pelajar Pancasila merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan. 

 

"Jadi, untuk menjadi Pelajar Pancasila dan menggapai cita-cita perlu untuk memiliki dan mengembangkan keenam profil tersebut," tutur dia. (sumber: medcom)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad