Dua Orang Guru Kecamatan Talun Publikasikan Karya Ilmiah di Jurnal Nasional - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 07 Juli 2022

Dua Orang Guru Kecamatan Talun Publikasikan Karya Ilmiah di Jurnal Nasional


Pekalongan, Anetry.Net
– Publikasi ilmiah, menjadi salah satu kewajban guru dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

 

Hal itu sangat disadari oleh guru-guru yang memahami bahwa menulis bukan saja sebagai kebutuhan pribadi, namun juga jadi kewajiban yang harus dipenuhi.

 

Seperti yang dilakukan dua orang guru Sekolah Dasar di Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan, Kristanto Tri Budiatno, S. Pd, dan Inprasetyawati, S.Pd.SD. Artikel ilmiah keduanya terbit di jurnal tingkat nasional.

 

Kristanto, adalah guru SD Negeri  01 Mesoyi Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan. Dalam publikasinya yang berjudul ‘Pendidikan Karakter, Kunci Keberhasilan Pembentukan Generasi Bangsa’ ia pun mengupas seputar persoalan bagaimana karakter mempengaruhi generasi bangsa sejak dini.

 


Dalam artikelnya itu, Kristanto menyebutkan, pendidikan karakter adalah tindakan yang mendidik dan diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter dilakukan untuk membentuk penyempurnaan individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju ke arah hidup yang lebih baik.

 

Terdapat lima nilai karakter utama yang bersumber dari Pancasila, yang menjadi prioritas pengembangan gerakan PPK; yaitu religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan kegotongroyongan. Masing-masing nilai tidak berdiri dan berkembang sendiri-sendiri, melainkan saling berinteraksi satu sama lain, berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan pribadi,” demikian tulis Kristanto.

 

Menurutnya dalam artikel itu, sekolah dan lingkungan masyarakat khususnya orang tua anak, merupakan elemen pendidik yang dibebani untuk membentuk sekaligus melakukan penguatan terhadap pendidikan karakter generasi bangsa.

 

Sementara itu Inprasetyawati, S.Pd.SD guru SD Negeri 02 Banjarsari Kecamatan Talun mengangkat persoalan perkembangan kejiwaan peserta didik dalam artikelnya yang berjudul ‘Psikologi Perkembangan Peserta Didik Kelas Rendah, Guru Harus Menguasai dengan Cermat.’

 


Dalam tulisannya, Inprasetyawati menyebutkan, mengetahui perkembangan kejiwaan peserta didik bagi seorang guru dapat memberikan keterampilan dalam penguasaan kelas di kelas rendah. Karena perkembangan psikologis peserta didik berdampak langsung pada kesiapan mereka untuk menjalani pembelajaran, dan menentukan hasil yang dicapai.

 

Meskipun psikologi perkembangan hanya memberikan gambaran umum tentang perkembangan peserta didik, tetapi bagaimanapun pengetahuan ini akan sangat membantu guru mengetahui apa yang diharapkan dari kekhasan masing-masing anak secara pribadi,” tulisnya.

 

Ia juga menulis, pengetahuan tentang psikologi perkembangan bisa membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan arti dan sumber pola berpikir, perasaan, dan tingkah laku peserta didik yang pada gilirannya diberikan pemahaman tentang pentingnya mengikuti pembelajaran.

 

Kedua artikel ilmiah guru SD di Kecamatan Talun Pekalongan itu terbit di Jurnal Pendidikan & Budaya Warta Pendidikan edisi Juli. Jurnal nasional yang intens memberi wadah publikasi setiap bulan kepada guru-guru di tanah air.

 

“Juli ini Warta Pendidikan terbit lebih awal pada Vol. 6 Nomor 10. Jurnal kita adalah jurnal nasional terindeks Garuda, Moraref, dan indeksasi lainnya. Kita terbuka untuk memublikasi seluruh artikel ilmiah guru, baik artikel yang berasal dari penelitian maupun artikel ilmiah nonpenelitian,” sebut Editor in Chief Warta Pendidikan, Nova Indra.

 

Penulis sekaligus wartawan yang bergerak di bidang kependidikan itu juga mengatakan, jurnal yang ia kelola dapat dimanfaatkan untuk kerjasama berbagai pihak, termasuk oleh dinas pendidikan di daerah-daerah. (*/at)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad