Ditemukan Koin Perunggu Berusia 1.000 Tahun dengan Gambar Dewi Bulan - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 27 Juli 2022

Ditemukan Koin Perunggu Berusia 1.000 Tahun dengan Gambar Dewi Bulan



Jakarta, Anetry.Net Berusia sekitar 1.850 tahun, koin zaman perunggu yang dihiasi dengan gambar Dewi Bulan Romawi Luna, ditemukan di pantai Carmel di Haifa Israel.

 

Tim Arkeologi Kelautan Otoritas Barang Antik Israel menemukan peninggalan tersebut selama survei yang dilakukan di Haifa.

 

Hal ini bertujuan untuk melindungi artefak kuno dari percepatan pembangunan pesisir di daerah itu. Sisi salah satu koin menggambarkan tanda zodiak Cancer di bawah potret dewi bulan Luna.

 

Pada sisi lainnya menunjukkan bahwa koin itu dicetak di bawah pemerintahanKaisar Antoninus Pius di Alexandria, Mesir. Koin tersebut memiliki tanggal "tahun delapan". Dengan kata lain, koin itu ditempa pada tahun kedelapan pemerintahan Antoninus Pius, sekitar 144 atau 145 M.

 

Para peneliti di proyek tersebut percaya koin itu hanya satu dari serangkaian 13 koin, di mana masing-masing koin menunjukkan salah satu dari 12 tanda zodiak yang berbeda.

 

"Ini adalah pertama kalinya koin semacam itu ditemukan di lepas pantai Israel dan ini merupakan tambahan langka untuk koleksi Harta Karun Nasional," kata Jacob Sharvit, direktur Unit Arkeologi Maritim Otoritas Barang Antik Israel, dikutip dari IFL Science, Selasa (26/7).

 

Antoninus Pius sendiri merupakan Kaisar Romawi yang luar biasa karena sejumlah alasan. Otoritas Barang Antik Israel juga mencatat bahwa pemerintahan Antoninus Pius mengalami peningkatan dalam hubungan dengan orang Yahudi. (sumber: suara.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad