Digital Leadership Academy, Program Pelatihan yang Digelar Kominfo - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 08 Juli 2022

Digital Leadership Academy, Program Pelatihan yang Digelar Kominfo



Jakarta, Anetry.Net
– Pemerintah melalui Kementerian Kominfo meluncurkan program Digital Leadership Academy (DLA).

 

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan, DLA merupakan pola pelatihan kepemimpinan dengan fokus penerapan transformasi digital dalam organisasi. 

 

“Kemampuan kepemimpinan ini bertujuan untuk memastikan supaya transformasi digital dapat berjalan di tiap-tiap lini organisasi, baik di sektor pemerintahan maupun swasta. Di Indonesia, digital leadership menjadi kunci keberhasilan transformasi digital nasional,” ujarnya dalam Pembukaan Program Pelatihan DLA 2022, secara virtual di Jakarta, Kamis (7/7) kemarin.

 

Johnny menyatakan, pemimpin sektor publik maupun privat, perlu memiliki kemampuan decision-making yang cepat, tepat, dan responsif atas kemajuan teknologi digital.

 

Kemampuan itu menjadi penentu transformasi digital yang berkelanjutan melalui empat pilar infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

 

Ia menambahkan, implementasi transformasi digital di Indonesia telah menunjukkan tren yang positif. Pertumbuhan itu dapat dilihat dari berbagai sektor yang telah menerapkan digital leadership dalam pengelolaan organisasi.

 

“Di sektor pemerintahan, digital leadership diimplementasikan melalui penggunaan teknologi digital untuk pelayanan publik hingga pemanfaatan media sosial dan big data sebagai basis formulasi kebijakan publik,” tandasnya.

 

Ia menyatakan, implementasi digital leadership pada sektor ekonomi digital juga dapat dilihat dari berkembangnya ribuan startup di Indonesia.

 

“Saat ini saja, sudah terdapat sekitar 2.380 startup digital di Indonesia, tanpa kehadiran para digital leaders tentunya kita tidak akan memiliki 11 unicorn dan satu decacorn yang diproyeksikan akan terus bertumbuh dan berkembang dan bertambah. Ini menunjukkan bahwa digital leadership adalah kunci dari suksesnya transformasi digital di Indonesia,” jelasnya. (SP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad