Didin Muamalah, Sosok Pendidik yang Ulet dalam Menjalankan Profesi - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 18 Juli 2022

Didin Muamalah, Sosok Pendidik yang Ulet dalam Menjalankan Profesi




Anetry.Net
– Menjadi pendidik, bukanlah profesi yang ringan. Bagi Didin Muamalah, S.Pd., M.Pd, profesi yang ia tekuni ini adalah pekerjaan sekaligus sebuah pengabdian.

 

Lahir di Pemalang, 5 Pebruari 1982, Didin yang hobi menyanyi dan ngehost ini, tidak pernah meragukan profesinya sebagai sebuah jalan hidup. Hingga kini, di perjalanannya sebagai seorang guru, keikhlasan menjadi bagian tekad yang ia pegang kuat.

 


Alumnus Jurusan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang (Upgris) ini pun teguh menjalankan aktivitasnya sebagai pendidik. Kini, Didin diamanahi tugas tambahan sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan di SMP Negeri 2 Pulosari Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

 

Ibu dari anak semata wayang bernama Muhammad Yaskur Miftahurrisqi ini dalam kesehariannya selain disibukkan mengajar, juga aktif menulis. Aktivitas menulis yang ia tekuni telah menghasilkan karya-karya bermakna.

 

Selain karya penelitian tindakan kelas (PTK) yang ia susun dalam bentuk laporan, buku-buku pendidikan pun ia hasilkan. Tercatat sudah ada tujuh buku yang ia tulis. Beberapa di antaranya adalah buku pendamping mata pelajaran Matematika yang ia tulis bersama penulis lainnya.

 

Istri dari Maskuri Yanto, S.Pd ini yang pernah meraih prestasi sebagai Guru Berprestasi Kabupaten Pemalang tahun 2018, tidak berhenti hanya dengan karya-karya yang telah ia miliki. Sejumlah PTK yang ia miliki telah pula diterbitkan dalam jurnal-jurnal yang ada.

 

PTK yang telah ditulisnya itu antara lain berjudul, Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Materi Barisan Aritmatika Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Stad pada Siswa Kelas IX C SMP Negeri 2 Pulosari Pemalang Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014, dan Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar  pada Konsep Menghitung Luas Selimut Tabung dengan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 2 Pulosari Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015.

 

PTK lainnya yang juga ia tulis adalah, Peningkatan Kompetensi Gradien Melalui Software Geogebra Dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri Pulosari Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017, serta Peningkatan Kompetensi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Menggunakan Melalui Metode Open Ended Peserta Didik Kelas VIII D SMP Negeri 2 Pulosari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Terakhir, PTK berjudul Implementasi Pembelajaran Blended Learning Era Pandemi Covid -19 DI SMP Negeri 2 Pulosari menjadi bagian dari portofolio Didin.

 

Saat pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) meluncurkan program Guru Penggerak, Didin tidak berpangku tangan saja. Ia pun segera mengikuti program tersebut dan berhasil menjadi Guru Penggerak Angkatan 5.

 

Khusus pada disiplin ilmu yang dimilikinya yakni Matematika, alumnus pasca sarjana Manajemen Pendidikan Upgris ini dipercaya sebagai Ketua MGMP Matematika Sub Randu Dongkal Kabupaten Pemalang.

 


Selain itu, untuk kegiatan nonkelas yang ia tekuni juga cukup banyak. Didin aktif pada kegiatan ekstrakurikuler tata upcara bendera dan membina Kelompok Ilmiah Remaja (KIR).

 

“Saya juga menulis artikel di waktu senggang, dan juga ragam tulisan sastra,” ujarnya saat berbincang dengan owner media AneTry.Net baru-baru ini.

 

Artikel yang pernah ia tulis di antaranya adalah ‘Asyiknya Belajar Bilangan dengan Menggunakan Pohon Matematika,’ dan ‘Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui E-Learning di SMP Negeri 2 Pulosari.’

 

Semangat dan keuletannya sebagai pendidik sekaligus sosok aktivis pendidikan patut ditiru dan diteladani. Seorang pendidik adalah ujung tombak perubahan, menuju perbaikan kualitas generasi negeri ini. (*)

Sumber: Didin Muamalah

Narator: NITM

Editor: Nurtrianik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad