Di Daerah Ini, Pemda Tegas Larang Sekolah Tarik Pungutan - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 21 Juli 2022

Di Daerah Ini, Pemda Tegas Larang Sekolah Tarik Pungutan


Bengkulu, Anetry.NetPemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Pendidikan (Disdik) mengingatkan seluruh sekolah baik SD maupun SMP tidak menarik pungutan apa pun.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Sehmi, menyatakan larangan itu ditegaskan pemerintah daerah setempat mulai dari pungutan berbentuk sumbangan bangunan dan pungutan yang bersifat mengikat.

 

Sehmi menyebutkan, Disdik tak ingin mengambil resiko jika nanti mengarah ke pungutan liar. Namun dikecualikan jika ada orangtua atau alumni yang inisiatif dan partisipatif melakukan sumbangan langsung ke sekolah.

 

Hal tersebut, kata Sehmi,  boleh diambil karena tidak ada kesepakatan yang dibangun orangtua dan komite. Itu sifatnya tidak boleh yang mengikat, kalau niatnya orang mau bantu itu ya silakan. Seperti di SMP 2 Bengkulu terkait pembangunan masjid senilai 4 miliar. Itu kan semua dari alumni, dari masyarakat, itu sah-sah saja.

 

"Yang tidak boleh itu meminta pungutan yang mengikat. Meminta pungutan-pungutan dan mengikat dan tidak digunakan secara transparan, apa pun bentuknya," terang Sehmi, Senin lalu.

 

Ditambahkan Sehmi, dalam menjalankan aktivitas sekolah, pemerintah sudah mengucurkan dana bantuan operasional sekolah.

 

"Jadi setiap tahun per murid setidaknya dialokasikan dana kisaran 900 ribu utk kegiatan di sekolah. Uang ini juga dipakai untuk memenuhi sejumlah kebutuhan sekolah," tuturnya. (sumber; infopublik)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad