Data Science for Kids, Iven Kominfo Latih Murid SD Kenali Data Sains - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 24 Juli 2022

Data Science for Kids, Iven Kominfo Latih Murid SD Kenali Data Sains


Jakarta, Anetry.Net – Di Hari Anak Nasonal, Kemeterian Kominfo kenalkan tentang data sains kepada murid sekolah dasar.

 

Pengenalan ilmu tentang data itu, sebagai bagian dari transformasi teknologi digital kepada talenta muda yaitu murid-murid SD dalam acara bertajuk Data Science for Kids.

 

Kegiatan Data Science for Kids yang digelar di ICE BSD Tangerang Selatan pada Sabtu kemarin, merupakan bagian dari program penciptaan talenta digital yang digagas Kementerian Kominfo yaitu Digital Talent Scholarship (DTS).

 

Tujuannya memberikan pemahaman sejak dini terkait pentingnya ilmu data dan membahas potensi karier masa depan sebagai data scientist.

 

"Ilmu mengenai teknologi digital tidak memandang usia, semakin kita memberikan pelatihan talenta kepada anak-anak, maka kemampuan menguasai teknologi digitalnya itu akan semakin bagus," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Kominfo Hary Budiarto ketika membuka acara tersebut.

 

"Jadi anak-anak ini yang sudah memahami era digital semakin potensial lagi. Kementerian Kominfo mendorong hal ini dalam rangka mencetak talenta digital nasional," tambah Hary.

 

Pada kegiatan itu, sebanyak 120 murid SD dari tingkat kelas 4 hingga kelas 6 dari sembilan sekolah yang tersebar di Jabodetabek mengikuti tahapan pengenalan perdana untuk Data Science for Kids.

 

Adapun pelatihan Data Science for Kids itu berisikan materi pengenalan terhadap ilmu data, pemanfaatan data di era digital, pekerjaan menjadi data scientist, hingga pengaplikasian coding sederhana untuk merangkai data menjadi konten menarik.

 

Untuk tahun 2022 ini, rencananya Kementerian Kominfo menargetkan setidaknya akan ada 1000 talenta digital muda dari generasi alfa yang bisa mendapatkan pelatihan dan edukasi dari program DTS.

 

"Ini pelatihan DTS perdana untuk anak-anak usia dini, nanti pelatihan sejenis kita tingkatkan lagi tema-temanya. Jadi temanya tidak cuma data tapi bisa AI, IoT, cyber security, hingga coding," ujar Hary. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad