Catat! Ini Gambaran Pelaksanaan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 18 Juli 2022

Catat! Ini Gambaran Pelaksanaan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 


Projek adalah serangkaian kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dengan cara menelaah suatu tema menantang. Projek didesain agar peserta didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan produk dan/atau aksi.

 

Pekalongan, Anetry.Net – Projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu.

                                

Hal itu dilakukan dalam rangka mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

 

Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

 

Pelaksanaan P5 dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler.

 

Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan P5.

 

Pembelajaran berbasis projek di intrakurikuler bertujuan mencapai Capaian Pembelajaran (CP), sementara projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan mencapai kompetensi profil pelajar Pancasila.

 

Secara umum, pembelajaran berbasis project ini, akan memberi manfaat untuk satuan pendidikan, guru, dan siswa.

 

Bagi satuan pendidikan, manfaat yang nyata adalah menjadikannya sebagai sebuah ekosistem yang terbuka untuk partisipasi dan keterlibatan masyarakat. Sekaligus sebagai organisasi pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas di sekitarnya.

 

Melalui pembelajaran berbasis project, bermanfaat bagi guru untuk mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka, dapat berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.

 

Sementara bagi peserta didik, pembelajaran berbasis project memberi ruang dan waktu untuk mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter.

 

Merencanakan proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas. • Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad