Buku Sejarah Masyarakat Adat Ile Ape, Jadi Referensi Generasi Bangsa - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 23 Juli 2022

Buku Sejarah Masyarakat Adat Ile Ape, Jadi Referensi Generasi Bangsa


Pekalongan, Anetry.Net
– Menulis, suatu aktivitas yang menjanjikan nilai-nilai positif bagi kelangsungan gerakan literasi nasional (GLN).

 

Bukan semata urusan yang mewajibkan para guru ASN melengkapi berkas kenaikan pangkat saja, namun juga menjadi bagian pengembangan diri di kancah dunia agar mata orang terbuka.

 

Selain itu, menulis juga memberikan wawasan baru bagi semua pihak, baik pembaca, pemerhati, maupun generasi berikutnya yang membutuhkan referensi.

 

Seperti buku yang ditulis oleh Emanuel Tana, Kepala SDI Hamahena, Ile Ape  Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur berjudul Cerita Sejarah Masyarakat Adat Ile Ape. Jelas saja buku ini akan sangat bermanfaat, bukan hanya secara pribadi namun juga bagi kelestarian adat budaya agar selalu dikenali oleh generasi.

 

Buku yang ditulis Emanuel bersama dua rekannya Maria Florida Sada dan Emanuel Begu tersebut menginformasikan banyak hal tentang ragam adat dan budaya di Ile Ape.

 

Buku Cerita Sejarah Masyarakat Adat Ile Ape terdiri dari 16 bab yang masing-masingnya mengedepankan persoalan-persoalan penting yang ada di tengah-tengah kehidupan masyarakat daerah tersebut.

 

Di bagian awal, Emanuel mengupas speputar sistem kekerabatan masyarakat daerahnya, dilanjutkan dengan ragam cerita rakyat, permainan tradisional, busana daerah dan seni pertunjukan daerah.

 

Tidak hanya poin tersebut saja, Emanuel dan rekan-rekannya juga mengupas tentang sejarah lokal komunitas adat di Ile Ape yang dilengkapi lagu-lagu daerah, alat musik tradisional, dan tarian daerah.

 

Pun di dalam buku itu secara tuntas Emanuel dan dua rekannya menuliskan tentang keberadaan benda-benda pusaka, rumah adat, tempat wisata budaya, serta kerajinan masyarakat. Urusan makanan lokal, seni tenun ikat yang terkenal, dan bahasan tentang sastra adat.

 

Sebagai elemen pendidik di daerah, kami merasakan betapa pentingnya mewujudkan informasi tertulis yang dapat digunakan sebagai acuan dan pedoman serta referensi bagi banyak pihak,” tulisnya dalam kata pengantar buku itu.

 

Buku yang lahir dari kerjasamanya bersama kedua rekannya tersebut kini sudah dapat dibaca setelah terbit melalui penerbitan P3SDM Melati Publishing dengan nomor ISBN 978-623-6852-27-9.

 

“Semua informasi penting ini penulis susun ke dalam naskah buku, dapat dibaca dan dijadikan pedoman, sekaligus kajian bagi para peneliti di daerah,” katanya dalam lanjutan pengantar buku. (*/ni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad