Apa Saja Kemudahan Guru Menjalankan Kurikulum Merdeka? Baca di Sini - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 22 Juli 2022

Apa Saja Kemudahan Guru Menjalankan Kurikulum Merdeka? Baca di Sini


Pekalongan, Anetry.Net – Kurikulum Merdeka telah mulai diimplementasikan di lebih dari 140 ribu satuan pendidikan mulai tahun ini.

 

Beragam persoalan yang muncul terkait pelaksanaan Kurikulum baru tersebut juga menghiasi pemikiran guru dan kepala sekolah. Terutama masalah-masalah yang terkait dengan informasi dan kesiapan sekolah menjalankannya.

 

Lalu apa saja yang membuat guru lebih nyaman dengan kurikulum besutan Nadiem Makarim itu? Berikut dirangkum dalam beberapa poin yang dapat dipahami dengan baik.

 

1. Guru leluasa

 

Pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didik yang diampu oleh guru, dimungkinkan dengan cara yang beragam. Fleksibilitas guru lebih terlihat dalam kurikulum ini.

 

Pelaksanaan pembelajaran intrakurikuler yang dipilih guru, memungkinkan materi pembelajaran diterima lebih optimal karena peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

 

Dalam Kurikulum Merdeka, guru memiliki keleluasaan untuk memilih materi dan berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat peserta didik.

 

2. Bantuan sekolah kepada guru

 

Dalam melaksanakan pembelajaran, guru tidak sendiri. Sekolah atau dalam hal ini kepala sekolah, akan berperan aktif dalam menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh guru dalam mencapai hasil pembelajaran.

 

Sekolah dituntut untuk membantu sumber daya yang dimilikinya. Penyiapan wadah, dan pembiayaan yang timbul dari projek kurikulum, adalah tanggungjawab sekolah.

 

Demikian dua hal yang memudahkan guru dalam menjalankan kurikulum baru ini. Terkait dengan perangkat ajar, guru memang harus bersiap sedari awal agar tidak kewalahan di saat mengajar. (*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad