Anda Wajib Tahu, Begini Proses Artikel Terbit di Jurnal Ilmiah - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 25 Juli 2022

Anda Wajib Tahu, Begini Proses Artikel Terbit di Jurnal Ilmiah



Pekalongan, Anetry.Net
Bagi anda para guru, mahasiswa, dosen, dan peneliti, artikel yang terpublikasi di jurnal ilmiah, adalah kontribusi besar bagi pengembangan keilmuan.

 

Sekecil apapun penelitian yang dilakukan, seperti seorang guru melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas yang diampunya, lalu dipublikasi di jurnal ilmiah, telah merupakan sesuatu yang sangat bernilai bagi peningkatan wawasan dan pengetahuan.

 

Lalu bagaimana proses hingga artikel ilmiah anda terbit ketika sudah dikirimkan kepada pengelola jurnal ilmiah? Maka itu adalah urusan dari pekerjaan seorang editor jurnal.

 

Seorang editor berperan penting dalam menjadi suatu artikel ilmiah menjadi artikel berkualitas yang dipublikasikan di jurnal ilmiah, baik cetak maupun versi online (e-journal).

 

“Editor bertugas mengelola dan mengembangkan jurnal sehingga bereputasi, termasuk juga isi dari jurnal itu tanggung jawab editor,” kata Guru Besar Fakultas MIPA yang juga Ketua Functional Nano Powder University Center of Excellence (FiNder U-CoE) Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Eng. I Made Joni, M.Sc., dilansir dari laman FKG Unpad, Minggu, (25/7).

 

Menurutnya, editor bertugas memastikan tujuan, ruang lingkup, dan konten selaras dengan kajian-kajian baru. Dalam hal ini, editor juga berperan menentukan strategi dan promosi dari jurnal ke depan.

 

Di tangan seorang editor, jurnal ilmiah akan menghasilkan artikel yang menarik, mampu menarik minat pembicara dengan tema-tema tertentu dan belum umum diketahui, serta berkontribusi bagi pengembangan keilmuan.

 

Selain kapasitas seorang editor, dalam proses peer review juga memerlukan keahlian dan peran penting reviewer. Untuk menjadi reviewer yang baik, seseorang harus memahami proses peer review dan peran reviewer.

 

Tahapan peer review diperlukan karena kualitas artikel harus dijaga originalitasnya, kemudian untuk mengetahui apa saja temuan-temuan, mendeteksi kecurangan atau plagiarisme, yang menjadi bagian peer review yang dilakukan.

 

Peer review merupakan cara untuk memastikan kualitas dan kredibilitas publikasi akademik. Saat peer review, artikel penulis melalui proses verifikasi oleh editor dan reviewer sebelum diterbitkan.

 

“Dari proses penulisan sampai screening sebelum proses review, editor di awal akan men-screening juga. Lalu masuk ke peer review, ketika editor sudah cukup masuk ke reviewer, mencari reviewer untuk ditugaskan sebagai pemeriksa tulisan. Sehingga akhirnya tulisan itu bisa langsung diterima atau dikembalikan,” jelas Made. (sumber: medcomid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad