Tips Menghindari Kejahatan Pretexting - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 29 Juni 2022

Tips Menghindari Kejahatan Pretexting


Pekalongan, Anetry.Net
Pernah mendapatkan panggilan telepon dari orang yang tidak dikenal? Kadang mereka mengaku sebagai pegawai bank yang ingin memberikan hadiah?

 

Waspadalah, mungkin ini modus pretexting. Pretexting menurut Kominfo di akun Instagram, Minggu (26/6), pretexting merupakan upaya mengelabui seseorang untuk mendapatkan data pribadi.

 

Modus kejahatan ini biasanya dilakukan pelaku akan dengan membuat skenario yang meyakinkan para korbannya. Tujuannya agar korban bersedia untuk memberikan data pribadi kepada pelaku.

 

Lalu bagaimana menghindari kejahatan ini? Ada cara-cara agar terhindar dari pretexting yang dapat dilakukan.Selengkapnya di bawah ini:

1. Harus fokus dan jangan mudah percaya dan tergiur dengan iming-iming hadiah.

 

2. Jalankan logika anda, ikuti insting yang menyatakan bahwa apa yang disampaikan pihak tersebut bukan sebuah kebenaran, tapi kejahatan.

 

3. Jangan pernah berikan data pribadi anda kepada pihak yang tidak berwenang, sekalipun itu terkait dengan keberuntungan di depan mata. Karena tidak semua yang anda dengar dan anda saksikan adalah kebenaran.

 

4. Biasakan untuk tidak mengangkat panggilan dari nomor tidak dikenal. Bila ada panggilan seperti itu, tolak lalu balas saja dengan pesan pendek.

 

5. Jangan lupa mencatat nomornya, untuk diinformasikan kepada pihak berwajib nantinya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad