Tips di Media Sosial yang Positif Anti Hoaks dan Kejahatan Siber - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 26 Juni 2022

Tips di Media Sosial yang Positif Anti Hoaks dan Kejahatan Siber


Jakarta, Anetry.Net
– Kini, media sosial menjadi sarana mengungkapkan ekspresi kreatif dan berbagi informasi bagi banyak orang.

 

Namun sangat disayangkan, banyaknya informasi yang tidak dapat dipertangungjawabkan turut mencekoki asupan para pengguna. Misinformasi tersebut kadang menimbulkan berbagai masalah di kemudian hari. Tak jarang ada yang sampai berurusan dengan hukum dan lainnya.

 

Pada tahun lalu saja, menurut rekapitulasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), setidaknya ada 1.773 isu tidak benar (hoaks) yang bertebaran di berbagai palform media sosial tanah air.

 

Karena hal itu, literasi digital menjadi sangat penting bagi masyarakat dalam bermediasosial tersebut. Edukasi yang tepat dan benar, harusnya terus digaungkan agar media sosial menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai guna.

 

Agar tidak terjebak pada misinformasi dan kejahatan di media sosial, masyarakat harus bijak. Berikut adalah tips yang dapat dijadikan tolok-ukur bagi para pengguna:

 

1. Jangan mudah percaya, cek fakta lebih dulu

Pengguna media sosial harus melakukan cek dan ricek pada setiap informasi yang tampil dan tayang di media sosial. Jangan langsung percaya dan ikut menyebarkannya. Alih-alih mendapatkan nama baik, bisa-bisa berurusan dengan pihak berwajib karena asal share. Bisa pula anda menjadi korban dari penipuan, dan sejenisnya.

 

2. Jangan asal terima pertemanan, follow saja yang sama bidangnya dengan anda

 

Karena ingin banyak teman di dunia maya, ada kebiasaan orang-orang yang asal menerima pertemanan atau memfollow akun-akun secara serampangan. Ini tentu tidak positif bagi diri anda.

 

Berapa banyak cerita pengguna media sosial yang akunnya diiretas lalu digunakan pihak lain untuk melakukan kejahatan? Anda tentu tidak mau seperti itu terjadi pada akun media sosial anda, bukan?

 

Nah untuk mengantisipasinya, sama seperti di dunia nyata, bertemanlah di media sosial dengan orang-orang yang mungkin anda kenal atau mereka yang seprofesi dengan anda saja. Karena media sosial sebenarnya juga sangat berpengaruh pada cara anda berpikir dan bertindak di dunia nyata.

 

3. Stop atau blokir hal-hal yang tidak bermanfaat

 

Sering pula ditemukan percakapan, informasi, dan sebagainya yang tidak bermanfaat di media sosial. Semisal akun anda berteman dengan pihak-pihak yang menurut anda perlu dicurigai akan membawa mudharat, blokir saja.

 

Lebih baik gunakan media sosial anda untuk hal-hal positif, membangun silaturahhim dengan cara yang baik dan bermartabat. (*/ist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad