Tic Tac Toe, Media Pembelajaran Kombinasi Aktivitas, Media dan Bahan Ajar - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 28 Juni 2022

Tic Tac Toe, Media Pembelajaran Kombinasi Aktivitas, Media dan Bahan Ajar




Yogyakarta, Anetry.Net
Guru selaku pendidik selalu dituntut mempunyai kemampuan untuk memperkenalkan pembaruan dalam media pembelajaran.

 

Pembaruan tersebut penting sebagai metode dalam penyampaian materi kepada peserta didik sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. Dengan berkembangnya tren, inovasi media pembelajaran juga diperlukan agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan isu.

 

Dalam acara Live Ngobrol PINTAR Tanoto Foundation dan Kemdikbud RI via instagram, Senin (27/6) kemarin, dosen fasilitator Dosen Pintar, Dr. H. Fery Muhamad Firdaus, S.Pd., M.Pd., menyampaikan hasil inovasinya tentang media pembelajaran bertema ‘Implementasi Model Tic Tac Toe Berbantuan Flipbook Berbasis MIKiR’.

 

Disampaikan Fery, basis MIKiR dalam Model Tic Tac Toe yang dimaksud adalah Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi.

 

"Dalam pembelajaran, mengombinasi ketiga aktivitas dan dibantu oleh media atau bahan ajar. Ini membantu siswa untuk beraktivitas terutama dalam pembelajaran, tidak hanya mendengarkan tapi juga mengalami atau melakukan langsung," ucap Fery.

 

Pengajar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini mengatakan, model kolaborasi semacam ini bisa membantu guru untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan siswa sesuai dengan kemampuan 4C di abad 21 yakni Communication, Collaboration, Critical thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation.

 

"Jadi kuncinya di kolaborasi dan Inovasi," tegas Fery.

 

Terkait perumusan model pembelajaran tersebut, Fery mengaku telah mendaftarkannya sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Hal ini sudah dilakukannya sejak tahun 2020.

 

"Media flipbook telah didaftarkan HAKI. Sampai sekarang sudah mendapat 41 HAKI dan sisanya masih proses," tuturnya. (*/ist)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad