Tiba-tiba Suara Laptop Anda Hilang, Ini Tips Mengatasinya - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 27 Juni 2022

Tiba-tiba Suara Laptop Anda Hilang, Ini Tips Mengatasinya


Jakarta, Anetry.Net
Pernah mengalami suara laptop anda tiba-tiba hilang saat menikmati musik? Pastinya bukan hal menyenangkan bila itu sering terjadi.

 

Saat mengalami hal di atas, banyak orang yang langsung berpikir untuk menyerahkan laptop ke pihak servis. Tapi sebelum itu anda lakukan, ada baiknya anda cek dulu beberapa hal di bawah ini setelah memastikan unmute di laptop off.

 

Periksa Setingan Enable Speaker

 

Suara hilang pada laptop biasanya terjadi karena adanya bug yang muncul pada sistem laptop. Bug yang dimaksud ada beragam jenis, salah satunya yaitu saat audio dalam keadaan disable, padahal jika dilihat pada pengaturannya audio dalam keadaan aktif.

 

Cara mengatasi suara laptop tidak keluar yakni harus melakukan disable-enable pada driver audio terlebih dahulu. Anda bisa lakukan dengan buka menu Sound Setting pada laptop. Selanjutnya pilih Manage sound devices pada tab Sound. Setelah itu klik Disable pada Output devices. Terakhir, klik Enable.

 

Jalankan Troubleshoot Audio

 

Bila masalah hilangnya suara laptop terletak pada sistem Windows, maka cara efektif untuk mengatasinya adalah dengan cara menjalankan troubleshooter audio. Sistem Windows akan mendeteksi secara otomatis masalah pada audio laptop. Berikut cara menjalankan troubleshoot audio:

 

1. Buka menu Settings pada laptop.

 

2. Pilih menu System.

 

3. Pilih menu Sound, dan klik tombol troubleshoot.

 

Tunggu hingga proses selesai, setelah itu pilih jenis speaker yang ingin diperbaiki, misal: Speakers - High Definition Audio Device.

 

4. Lalu klik Next.

 

Setelah proses selesai, periksa kembali audio pada laptop Anda dengan cara menyalakan musik atau video lainnya.

 

Update Driver Sound

 

Perlu diketahuidriver sound yang bermasalah juga dapat menyebabkan suara pada laptop menjadi hilang. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan cara melakukan install ulang pada driver sound laptop.

Berikut cara install ulang driver sound:

 

1. Buka menu menu Device Manager di laptop.

 

2. Klik dua kali pada menu Sounds, Video, and Game Controllers. Lalu klik kanan pada driver sound.

 

3. Klik Uninstall Device

 

Setelah selesai, restart laptop anda supaya driver sound otomatis terinstall kembali. Anda bisa coba cek lagi apakah suara pada laptop yang hilang telah kembali normal atau belum. (*/dari berbagai sumber)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad