Suka Pamer di Medsos alias Flexing? Hati-hatilah - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 26 Juni 2022

Suka Pamer di Medsos alias Flexing? Hati-hatilah


Jakarta, Anetry.Net
– Anda biasa pamer segala kekayaan yang dimiliki di media sosial? Perilaku ini disebut flexing.

                                  

Tahulah anda, flexing adalah perilaku tidak bermanfaat sama sekali, bahkan akibatnya lebih buruk daripada apa yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya.

 

Memang tidak dapat dipungkiri, pengguna media sosial di era pesatnya perkembangan teknologi informasi ini mebuat semua orang dapat wara-wiri di media sosial. Selfie di depan kendaraan mewah, atau di depan rumah baru selesai dibangun dengan segala kemewahan, dan tak jarang pamer harta perhiasan di tubuh. Semua itu jamak ditemukan di media sosial saat ini.

 

Di Indonesia ini saja, setidaknya ada 202 juta pengguna internet. Hampir seluruhnya memiliki akun media sosial dan bersentuhan tiap hari dengan postingan dan saling berkabar melalui media tersebut. Itulah gaya hidup saat ini yang menjadi ukuran tenar atau tidaknya seseorang.

 

"Berbagi berlebihan di media sosial akan rentan dengan peretasan data pribadi," ujar Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Al-Azhar Indonesia, Cut Meutia Karolina, saat webinar perdana Makin Cakap Digital 2022 baru-baru ini.

 

Ia mengatakan, flexing akan membawa kerugian jika kebablasan. Salah satunya informasi penting secara tidak sengaja bocor karena tidak sadar telah membagikan hal penting di media sosial.

 

"Secara nyata perilaku flexing mempermudah pelaku kejahatan. Ibarat pemilik rumah memberikan kunci untuk membobol rumah kepada pelaku kejahatan," katanya.

 

Jadi, bagi anda yang menyukai perilaku flexing ini, lebih baik waspada bila ingin meneruskannya. Atau mungkin memilih menghentikannya agar lebih termjaminnya keamanan data pribadi anda dari pelaku kejahatan siber maupun pihak lain yang tidak bertanggungjawab. (*/ist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad