Mengenal Deepfake, Kecerdasan Buatan yang Bisa Kecoh Siapapun - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 30 Juni 2022

Mengenal Deepfake, Kecerdasan Buatan yang Bisa Kecoh Siapapun


Jakarta, Anetry.Net
Perkembangan teknologi memunculkan fenomena deepfake.

 

Siapapun bisa mengecoh tanpa pandang bulu. Dengan memanfaatkan deepfake, pelaku bisa menipu target dengan mudah lantaran biasanya target tak menyadari dirinya sedang tertipu.

 

Seperti dilansir TechTarget, Deepfake adalah salah satu tipe dari kecerdasan buatan (AI) yang digunakan untuk membuat foto, audio, video hoax yang cukup meyakinkan.

 

Deepfake dibuat menggunakan dua algoritma AI yang saling bertentangan: satunya disebut generator, yang lain disebut diskriminator.

 

Generator, yang membuat konten multimedia, kemudian meminta kepada diskriminator untuk menentukan apakah sebuah konten asli atau palsu. Bersama-sama, mereka membentuk sebuah hal yang disebut Generative Adversarial Network (GAN).


| Baca Juga: Tips Mengetahui Konten-konten Deepfake, Jangan Sampai Tertipu

 

Setiap kali diskriminator secara akurat mengidentifikasi konten sebagai sesuatu yang palsu, ia menghasilkan informasi yang berharga tentang perbaikan yang berguna untuk deepfake selanjutnya.

 

Deepfake bisa membuat mata biasa sulit membedakan mana konten asli atau palsu. Namun, para peneliti Facebook mengatakan, mereka telah mengembangkan kecerdasan buatan yang dapat mengidentifikasi deepfake dan melacak asal konten tersebut dengan menggunakan reverse engineering atau rekayasa balik.

 

"Metode kami akan memfasilitasi pendeteksian dan penelusuran deepfake dalam pengaturan dunia nyata, di mana gambar deepfake itu sendiri seringkali merupakan satu-satunya informasi yang dapat dianalisis," tulis ilmuwan riset untuk Facebook Xi Yin dan Tal Hassner beberapa waktu lalu, seperti dikutip NPR.

Bagiamana? Anda pernah temukan deepfake  ini? Jangan mudah percaya dengan apa yang dilihat mata, karena kecanggihan teknologi bisa menipu penglihatan. (sumber: cnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad