Komnas Perempuan Soroti Peran Ayah di RUU Kesehatan Ibu dan Anak - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 26 Juni 2022

Komnas Perempuan Soroti Peran Ayah di RUU Kesehatan Ibu dan Anak




Jakarta, Anetry.Net
Rancangan Undang-undang tentang Kesejahteraan Ibu (RUU KIA) diminta turut mengatur gaji ayah tetap diberikan penuh selama cuti mendampingi istri saat melahirkan.

 

"Mengidentifikasi adanya kebutuhan kejelasan cuti pendampingan suami juga berbayar utuh sehingga suami saat mengambil cuti tidak kuatir merisikokan penghasilan keluarga," kata Ketua Komisi Nasional (Komnas) Perempuan Andy Yentriyani dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/6).

 

Andy mengusulkan RUU KIA juga mengatur cuti pendampingan dapat diberikan kepada anggota keluarga yang lain apabila suami/ayah meninggal atau berpisah dengan istrinya.

 

Pihaknya berharap, cuti ayah juga harus berorientasi pada perspektif kesetaraan gender. Harus benar-benar digunakan untuk meringankan beban perempuan dari tugas mengasuh anak dan keluarga.

 

Itu penting, lanjut Andy, karena masyarakat Indonesia masih terkungkung oleh budaya patriarki. Anggapan yang dominan di masyarakat adalah urusan domestik (rumah tangga) dan mengurus anak lebih banyak dibebankan pada ibu..

 

"Harus menggarisbawahi tanggung jawab negara dalam mengembangkan program pendidikan terkait keadilan gender, kesehatan reproduksi termasuk fungsi maternitas di semua jenjang pendidikan dan sektor," jelasnya. (sumber: cnnindonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad