Ini Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia Tahun 2022, Guru Perlu Tahu - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 28 Juni 2022

Ini Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia Tahun 2022, Guru Perlu Tahu


Jakarta, Anetry.Net
– Pemerintah telah meluncurkan program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). Guru perlu tahu.

 

BPI merupakan program kerjasama antara Kemendikbud Ristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang ditujukan untuk meningkatkan dan membangun sumber daya manusia di Indonesia.

 

Program BPI sendiri, terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan non gelar (non degree). Program beasiswa bergelar S1, S2, dan S3 ini dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek.

 

Pelaksanaan pendaftaran program ini akan dilaksanakan pada 11 April - 30 Juni 2022, sedangkan untuk seleksi administrasi dan pengumuman hasil akan dilaksanakan pada 1 - 15 Juli 2022.

 

Sementara seleksi substansi wawancara dan pengumuman hasil akan dilaksanakan pada 18 - 30 Juli 2022, sedangkan untuk daftar ulang dilaksanakan mulai 1 - 16 Agustus 2022.

 

Lalu bagaimana caranya mendaftarkan diri bagi para peminatnya? Berikut mekanisme pendaftaran yang dapat dilalui selagi masih ada waktu dua hari ke depan hingga 30 Juni nanti.

 

1. Melakukan pendaftaran secara daring melalui beasiswa.kemdikbud.go.id (kecuali untuk program beasiswa University of Oxford).

 

2. Mengunggah semua dokumen persyaratan sesuai dengan jenis beasiswa pada laman beasiswa.kemdikbud.go.id;

 

3. Setelah itu, pendaftar dapat mengikuti seleksi yang terdiri atas: Seleksi administrasi yaitu validasi terhadap kesesuaian dan kebenaran dokumen, dan Seleksi substansi dengan wawancara yang menilai antara lain, yaitu aspek kemampuan akademik/keterampilan, sikap, dan wawasan kebangsaan;

 

4. Setelah usai tahap seleksi di atas, hasil seleksi tersebut akan diseleksi oleh Tim Penyeleksi Administrasi dan Tim Pewawancara yang kemudian disampaikan kepada panitia seleksi untuk dilakukan rapat pleno;

 

5. Terakhir, calon penerima hasil rapat pleno tersebut akan ditetapkan oleh Kepala Puslapdik sebagai penerima beasiswa BPI Kemdikbud Ristek.

 

Anda berminat? Ayo selagi masih terbuka. (*/ist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad