Ini Daftar Penemu Asal Indonesia yang Namanya Diakui Dunia - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 29 Juni 2022

Ini Daftar Penemu Asal Indonesia yang Namanya Diakui Dunia


Jakarta, Anetry.Net
Indonesia memiliki banyak ahli di bidang teknologi. Kini, penemu teknologi di Indonesia pun kian bertambah.

 

Dulu kita mengtetahui nama BJ Habibie identik dengan julukan Bapak Teknologi. Alumnus Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen ini menorehkan sejumlah karya besar yang sudah diakui dunia.

 

Pencapaian pertamanya adalah kelahiran N-250 Gatotkaca, pesawat pertama Indonesia yang melakukan penerbanangan perdana pada 10 Agustus 1995.

 

Karya besar lainnya adalah Teori Crack Propagation yang merupakan solusi untuk mendeteksi rambatan kerusakan konstruksi pada badan pesawat.

 

Selain itu kontribusi pemikiran BJ Habibie juga berhasil meringankan bobot pesawat kosong, dan bahan bakar hingga 10% dari sebelumnya. Angka penurunan ini bisa mencapai 25% setelah material komposit dimasukkan ke dalam tubuh pesawat.

 

Mengutip Institut Teknologi Batam (ITEBA) berikut ini adalah para penemu teknologi asal Indonesia yang namanya sudah menduni.

 

1. Yogi Ahmad Erlangga - Rumus Matematika dalam perminyakan

 

Yogi Ahmad Erlangga menempuh pendidikan di Deft University of Technology, Belanda, dan tercatat sebagai doktor Matematika termuda.

 

Ia menemukan rumus untuk menyelesaikan berbagai masalah perminyakan dan bahkan kemampuannya mampu menarik perhatian perusahaan minyak dunia Shell.

 

2. Tjokorda Raka Sukawarti - Penemu sistem penyangga jalan layang

 

Tjokorda Raka Sukawarti adalah insinyur Indonesia yang menemukan konstruksi Sosrobahu.

 

Diketahui, konstruksi tersebut memudahkan pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas pada saat pembangunannya. Temuan ini bahkan digunakan insinyur Amerika Serikat untuk membangun jembatan di Seattle.

 

3. Dr. Khoirul Anwar - Penemu teknologi broadband

 

Dr. Khoirul Anwar membuat ponsel dan kartu perdana dapat menangkap jaringan 4G. Ia bekerja di Nara Institute of Science and Technology yang memiliki paten 4G berbasis Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM).

 

Teknologi broadband ini diciptakan olehnya dan menjadi langkah awal terciptanya mobile 4G LTE. Dr. Khoirul Anwar bahkan sudah diakui sebagai seorang peneliti asal Indonesia terbaik di Jepang.

 

4. Profesor Ir. R.M. Sedyatmo - Penemu pondasi cakar ayam

 

Pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1934 ini menemukan sistem arsitektur infrastruktur yang dikenal dengan nama pondasi cakar ayarm.

 

Salah satu tempat yang menggunakan pondasi cakar ayam miliknya adalah landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta.

 

5. Randall Hartolaksono - Bahan bakar anti-panas dan anti-api

 

Awalnya, ide yang ia cetuskan ini sempat diremehkan oleh banyak orang. Namun, pria lulusan University of London ini pantang menyerah dan berusaha merealisasikan idenya untuk menciptakan bahan bakar anti-panas dan anti-api.

 

Akhirnya, Randall Hartolaksono pun justru dihargai dan diakui oleh perusahaan otomotif dunia seperti Petronas dan Ford.

 

6. Muhammad Nurhuda - Kompor ramah lingkungan

 

Muhammad Nurhuda adalah dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya (UB). Ia sukses menciptakan kompor ramah lingkungan. Saat setelah melakukan pengujian, kompor hasil ciptaan Muhammad Nurhuda menghasilkan limbah di bawah batas minimum yang ditetapkan WHO.

 

Kompor ramah lingkungannya ini telah menarik perhatian negara-negara Asia Pasifik dan Amerika.

 

7. Dr. Warsito P. Taruno - Penemu alat pembunuh sel kanker

 

Dr. Warsito P. Taruno adalah peneliti Indonesia yang pernah berkarier di Shizuoka University, Jepang. Sepulangnya dari Jepang, ia berniat ingin membantu sang kakak untuk menyintas kanker payudara stadium IV.

 

Kemudian, ia membuat alat pembunuh sel kanker. Alhasil, tercipta alat terapi yang disebut breast cancer electro capacitive therapy. (sumber: okezone)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad