Ilmuwan Temukan Pasir Bernyanyi, Anda Pasti Tertarik untuk Mendengarkan? - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 30 Juni 2022

Ilmuwan Temukan Pasir Bernyanyi, Anda Pasti Tertarik untuk Mendengarkan?


Jakarta, Anetri.Net
– Pernah dengar pulau bernyanyi? Dipastikan anda belum sekali pun menikmati nyanyian tak biasa itu.

 

Sebuah pulau di China ditemukan bisa mengeluarkan suara seperti nyanyian. Fenomena itu merupakan suara yang keluar dari pasir yang terdengar layaknyua nyanyian ketika angin melewati bukit pasir. Suaranya mirip seperti alunan lagu.

 

Dilansir oleh Xinhua, ilmuwan China telah menemukan lokasi pasir pulau bernyanyi tersebut. “Ini akan memberikan dukungan teknis untuk pengembangan dan perlindungan sumber daya wisata di Hainan,” sebut Qu Jianjun, pemimpin tim ilmiah pada temuan tersebut.

 

Ilmuwan negara itu mengatakan telah menemukan beberapa pantai bernyanyi. Nortwest Institute of Eco-Environment and Resources (NIEER), sebuah lembaga di bawah Chinese Academy of Sciences, menyebarluaskan temuan ini.

 

Lembaga itu menyampaikan, temuan tersebut dinilai bakal menarik jutaan pengunjung ke Hainan. Dilaporkan, China sendiri kaya akan tempat-tempat seperti adanya "Pasir Bernyanyi." Bahkan, salah satu tujuan paling populer saat ini adalah Gunung Pasir Bernyanyi di dekat Gua Mongao, Kota Oasis Dunhuang, Provinsi Gansu.

 

Adapun fakta menarik di lokasi Pasir Pulau Bernyanyi, yakni pantai sebuah pulau di Hainan yang memiliki kawasan berbentuk V yang khas, di mana terbentuk oleh sketsa mekanis bawah air.

 

“Struktur fisik berpori permukaan yang berkembang dengan baik ini merupakan faktor penting mengendalikan mekanisme suara,” ujar Qu.

 

Di seluruh dunia, Pasir Bernyanyi’ditemukan di California, utara Michigan, Nevada, gurun Namib di Afrika, dan dekat wilayah Mesaieed di Qatar. Kemudian, nyanyian pasir juga bisa didengar di selatan Gurun Sinai di Mesir, dan Odashi di Jepang. (sumber: sindonews/Foto: NIEER)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad