Hujan Meteor Bootid Malam Nanti, Jangan Sampai Ketinggalan Menyaksikannya - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 27 Juni 2022

Hujan Meteor Bootid Malam Nanti, Jangan Sampai Ketinggalan Menyaksikannya


Jakarta, Anetry.Net
– Malam ini, mulai pukul 18.30 WIB, langit Indonesia akan dihiasi hujan meteor Bootid.

 

Fenomena alam tersebut dapat disaksikan masyarakat tanpa perlu bantuan alat optik apa pun untuk menyaksikan fenomena tersebut.

 

"Fenomena ini bisa disaksikan di seluruh Indonesia sejak pukul 18.30 atau 30 menit setelah Matahari terbenam. Disesuaikan dengan waktu di masing-masing wilayah," kata Peneliti Pusat Sains Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang saat seperti diberitakan CNNIndonesia.com.

 

Andi menyebutkan, puncak hujan meteor Bootid terjadi di pukul 20.30 WIB dan akan terbenam sekitar pukul 02.00 Selasa (28/6) dinihari. Hujan meteor tersebut akan melaju dalam kecepatan 65 ribu km/jam.

 

Menurut Andi, fenomena hujan meteor Bootid sudah ada sejak tanggal 22 Juni dan akan berlangsung hingga Sabtu (2/7). "Hujan meteor Bootid itu berasal dari komet periodik pons-winnecke, yang mengorbit Matahari dengan periode 6,4 tahun," katanya.

 

"Sisa-sisa komet ini jatuh di dekat konstelasi Bootes. Makanya dinamakan hujan meteor Bootid," ujar Andi menambahkan.

 

Lebih lanjut, Andi menuturkan ada sekitar 0-100 meteor per jam yang akan jatuh dari langit jika titik radiannya berkulminasi di zenit. Seluruh Indonesia pun bisa mengamati fenomena hujan meteor Bootid.

 

"Karena memang kan bumi berotasi jadi setiap wilayah yang disapu oleh debu komet ini bisa menyaksikan. Tidak ada yang tidak menyaksikan," kata Andi. (*/sumber: cnnindonesia/Ilustrasi: google images)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad