Fakta tentang Tata Surya yang Perlu Diketahui, Simak di Sini! - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 28 Juni 2022

Fakta tentang Tata Surya yang Perlu Diketahui, Simak di Sini!


Jakarta, Anetry.Net
Sama seperti bumi yang mengelilingi Matahari, tata surya yang kita tinggali ini juga mengorbit pada pusat Galaksi Bima Sakti atau Milky Way.

 

Tata surya berada di lengan Orion atau jalur Orion yang berada di tepi Galaksi Bima Sakti bersamaan dengan kumpulan bintang, debu, gas, dan sistem tata surya lainnya.

 

Berikut adalah fakta tentang Tata Surya yang mungkin belum diketahui.

 

1.Terdiri dari Banyak Benda Langit

 

Tata surya terdiri dari delapan planet, dan banyak benda langit kecil seperti planet kerdil, asteroid, dan comet. Selain bumi, planet-planet yang berada di tata surya adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

 

2. Berada di Ujung Galaksi

 

Tata surya kita mengitari atau mengorbit pusat Galaksi Bima Sakti dengan kecepatan 515.000 mph atau sekitar 230,23 meter per detik.

 

Menurut laman Imagine the Universe NASA, tata surya berjarak kurang lebih 25.000 tahun cahaya dari pusat galaksi atau dengan kata lain berada jauh di ujung galaksi.

 

3. Butuh Ratusan Jutaan Tahun untuk 1 kali Rotasi

 

Berapa lama waktu yang dibutuhkan tata surya kita untuk mengorbit satu pusat Galaksi Bima Sakti? Jawabannya adalah 230 juta tahun!

 

4. Kita Hidup Sendiri?

 

Hingga saat ini, tata surya yang kita disebut sebagai satu-satunya tata surya yang memiliki kehidupan. Lebih lanjut, Bumi-lah satu-satunya planet yang memiliki kehidupan tersebut.

 

5. Belum Pernah Ada Manusia yang Jelajahi Luar Tata Surya

 

Pesawat ruang angkasa milik NASA Voyager 1 dan Voyager 2 adalah satu-satunya wakil dari Bumi yang berhasil meninggalkan tata surya. Sementara tiga pesawat ruang angkasa lainnya, Pioneer 10, Pioneer 11, dan New Horizons, baru akan diluncurkan. (berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad