Dua Planet Baru Ditemukan Astronom, Bisakah Dihuni? - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 26 Juni 2022

Dua Planet Baru Ditemukan Astronom, Bisakah Dihuni?


Jakarta, Anetry.Net
– Dua planet berbatu yang megorbit ke bintang HD 260655 terindetifikasi oleh astronom.

 

Astronom tersebut adalah tim Massachusetss Institute of Technology (MIT) yang bekerjasama dengan astronom lain dari seluruh dunia.

 

Seperti dikutip dari Gizchina, Kamis (23/6), berdasarkan data dan perkiraan, kedua planet tersebut berbatu dan memiliki ukuran setara dengan Bumi. Planet-planet itu berjarak sekitar 33 tahun cahaya dari Bumi.

 

Dari data yang diperoleh para astronom, planet HD 260655b berukuran 1,2 kali lipat lebih besar dibandingkan Bumi dengan massa sedikit lebih padat. Sementara, planet HD260655c berukuran 1,5 kali lipat lebih besar dari Bumi, memiliki tiga kali massa Bumi, dan kurang padat dibandingkan Bumi.

 

Lebih jauh data yang ditemukan itu menjelaskan, gerakan translasi planet-planet tersebut cukup cepat. Menurut perkiraan, planet HD260655b mengorbit hanya dalam 2,8 hari. Di sisi lain, planet HD260655c mengorbit tiap 5,7 hari.

 

Dari jarak yang diperkirakan, planet tersebut mengorbit yang sangat dekat dengan bintangnya. Dipastikan permukaan planet-planet ini sangat panas.

 

Suhu kedua planet HD260655 bisa mencapai 710K atau sekitar 436 derajat Celcius di planet terdalam dan 560 K atau sekitar 286 derajat Celcius untuk planet dengan orbit terluar.

 

Para peneliti sangatlah antusias dengan temuan mereka. Apalagi, ada kemungkinan kedua planet tersebut bisa dipelajari.

 

Michelle Kunimoto dari Kavli Institute for Astrophysics and Space Research MIT mengatakan, kedua planet ini mengelilingi sebuah bintang HD260655. Hal ini disimpulkan berdasarkan pola peluruhan dalam luminositas perbintangan. (*/ist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad