31 Museum Ikuti Pameran Alat Musik Tradisional Nusantara 2022 - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 25 Juni 2022

31 Museum Ikuti Pameran Alat Musik Tradisional Nusantara 2022


Banda Aceh, Anetry.Net
Pameran Nasional Alat Musik Tradisional Nusantara ke-13 tahun ini digelar di Provinsi Aceh.

 

Bertempat di Gedung Pameran Temporer Museum Aceh, kegiatan tersebut berlangsung sejak 22 Juni lalu dan berakhir hari ini, Sabtu (25/6).

 

Iven yang digelar rutin setiap tahun itu diikuti oleh 31 museum se-Indonesia. Lebih 200 koleksi alat musik tradisional Nusantara ditampilkan pada helat tersebut.

 

Direktur Perlindungan Kebudayaan Ditjen Kebudayaan Kemdikbudristek, Irini Dewi Wanti saat membuka acara beberapa hari lalu menyampaikan, museum merupakan media edukasi universal untuk pelestarian warisan kebudayaan. Selain itu juga sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat, sekaligus destinasi wisata rekreasi.

 

“Intinya museum berfungsi sebagai media informasi dan edukasi. Jadi, Pameran Nasional Alat Musik Tradisional Nusantara ini jangan hanya dilihat sebagai kegiatan yang menampilkan koleksi alat musik tradisional Nusantara saja, tapi juga melihat bagaimana sejarahnya dan proses dari perkembangan setiap alat musik tradisional tersebut,” sebut Irini.

 

Sementara itu Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam sambutannya yang dibacakan Plt Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal mengatakan, pelaksanaan Pameran Nasional Alat Musik Tradisional Nusantara 2022 di Museum Aceh merupakan sebuah kehormatan bagi Aceh.

 

Oleh karena itu, Nova berharap pameran ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, guna menjadikan museum sebagai wahana pendokumentasian, memperkenalkan dan mengomunikasikan alat musik tradisional yang perlu dilestarikan kepada generasi penerus. (sumber: infopublik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad