Asesmen Nasional Sekolah Dasar, Basis Pemetaan Peningkatan Kualitas - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 07 Maret 2022

Asesmen Nasional Sekolah Dasar, Basis Pemetaan Peningkatan Kualitas




Jakarta, Anetry.Net
– Upaya pemerintah dalam menyajikan baseline data yang bersumber dari satuan Pendidikan, dilakukan dengan Asesmen Nasional.

                                              

Data tersebut nantinya dapat digunakan oleh satuan pendidikan itu sendiri, oleh pemerintah daerah, maupun pemerintahan pusat. Melalui data asesmen itu, pemerintah pusat dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan agar lebih baik lagi. Hasil Asesmen Nasional akan menjadi satu informasi utuh tentang profil pendidikan di level satuan pendidikan maupun di level pemerintah daerah.

 

Hal itu disampaikan oleh Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., saat membuka acara webinar: Yuk, Verifikasi Data Kepesertaan ANBK Tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Direktorat Sekolah Dasar, pada Kamis, 24 Februari 2022 lalu.

 

Atas nama Direktorat Sekolah Dasar, Sri Wahyuningsih juga memberikan apresiasi kepada seluruh satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar yang telah seksama dengan berbagai upaya di tengah keterbatasannya tetap mengikuti pelaksanaan Asesmen Nasional 2021.

 

“Kami memahami dan kami mengetahui tidak mudah bagi jenjang Sekolah Dasar melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Ini hal pertama bagi jenjang Sekolah Dasar karena sebelumnya Sekolah Dasar memang tidak mengikuti UN. Hanya mengikuti USBN itu pun juga tidak berbasis komputer,” ujar Sri Wahyuningsih secara daring di kanal Youtube Direktorat Sekolah Dasar.

 

Karena masih banyak sekolah yang belum bisa mengikuti Asesmen Nasional dengan berbagai alasan, seperti PPKM, kurangnya kesiapan sarana TIK, serta alasan demografi, membuat pemerintah pusat mendorong untuk mengadakan Asesmen Nasional susulan.

 

Hal tersebut dilakukan, kata Sri Wahyuningsih, karena hasil Asesmen Nasional akan menjadi bagian dari profil kualitas pendidikan di satuan pendidikan maupun secara kolektif tingkat pemerintah daerah.

 

“Oleh karena itu kami menyelenggarakan webinar ini untuk membimbing bapak ibu dalam mempersiapkan ANBK susulan. Para narasumber juga akan membimbing kita semua bagaimana agar bisa mengikuti asesmen susulan. Karena dalam waktu dekat akan disampaikan rapor pendidikan di setiap daerah berdasarkan hasil asesmen yang sudah diikuti,” kata Sri.

 

Ia juga menyampaikan, hasil asesmen yang akan menjadi rapor pendidikan daerah ini dapat diakses oleh satuan pendidikan maupun oleh pemerintah daerah dengan menggunakan akun belajar.id.

 

“Sehingga kami juga mendorong semua satuan Pendidikan, semua Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota maupun provinsi untuk dapat mengaktivasi akun belajar.id,” tandasnya. (sumber: ditpsd kemdikbud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad