Pikiran Anda Selalu Negatif? Hati-hati Karena Dapat Merusak! - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 03 Desember 2021

Pikiran Anda Selalu Negatif? Hati-hati Karena Dapat Merusak!


Anetry.Net
Setiap manusia adalah penilai yang sangat hebat, bahkan tanpa kemampuan dan keterampilan khusus pun bisa menjadi hakim yang luarbiasa, menjatuhkan vonis terhadap orang lain sesuai pikirannya sendiri, alias negatif.

 

Pikiran negatif dimaknai sebagai sebuah persepsi, harapan, dan deskripsi negatif tentang diri sendiri, orang lain. Kondisi kognitif yang negatif ini juga diikuti dengan emosi yang juga negatif dan berdampak buruk pada perilaku, dan pastinya kesehatan mental.

 

Dalam berbagai literatur disebutkan, orang yang selalu berpikiran negatif terhadap orang lain, kemungkinan mengalami gangguan obsesif kompulsif (OCD). OCD adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Gangguan ini menyebabkan apapun yang terjadi di luar dirinya, langsung dinilai sebagai sesuatu yang negatif.

 

Misal, saat akan melakukan sesuatu demi kebaikan diri sendiri, setiap pengidap gangguan ini akan berpikir lebih dulu bahwa nanti orang di sekelilingnya akan membicarakan dirinya, akan menuding dirinya, bahkan akan mengucilkannya.

 

Contoh lain, sesuatu yang dilakukan oleh orang lain dengan niat baik padanya, akan dinilai sebagai hal negatif yang terjadi pada orang tersebut. Bahkan gangguan ini juga bisa diarahkannya pada orang terdekatnya sekalipun.

 

Tentunya gangguan seperti ini tidak baik bagi perkembangan mental seseorang, bahkan juga akan mengganggu hubungan sosial dengan lingkungan. Selain itu yang paling parah, dapat mengganggu hubungan antar pribadi dalam sebuah rumahtangga.

 

Lalu apa yang harus dilakukan oleh penderita gangguan ini? Ketika anda bisa melepaskan penilaian atau judgement  negatif terhadap diri sendiri dan orang lain, hal ini kemungkinan akan membuat diri sendiri merasa lebih bebas dari pikiran negatif.

 

Patricia Halterneck, PhD, MBA, seorang psikolog senior menyebutkan beberapa cara untuk bisa membuat seseorang berhenti melakukan penilaian dan menghakimi orang lain dengan pikiran negatifnya.

 

Beristirahatlah dari pemikiran yang menghakimi, termasuk mengenali reaksi sendiri, mengamatinya, dan kemudian melepaskannya," saran Patricia mengutip Psychology Today.

 

Selain itu cara menghilangkan pikiran negatif lainnya, anda juga bisa membuat penilaian yang positif dalam diri sendiri terhadap orang lain, atau ketika berada dalam situasi tertentu.

 

Sementara itu, menyadari bahwa gangguan itu ada dalam diri adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Biasanya, orang sakit non fisik tidak akan mengangap dirinya sedang sakit. Ini perlu disadari sebelum semakin parah dan berlanjut pada hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Menyadari bahwa semua gangguan itu perlu diatasi, baik dengan bantuan orang terdekat atau penanganan medis, perlu pula segera dilakukan. Bila tidak, tentu saja bisa berdampak lebih buruk pada diri sendiri dan hubungan dengan orang lain di sekitar, termasuk hubungan dengan orang terdekat.

 

Bila saat membaca artikel ini anda merasa tersinggung, menganggap orang lain sok pintar, maka itu tandanya gangguan dalam diri anda naik satu tingkat. Perlu segera penanganan yang serius dari ahlinya. (*)

 

Penulis: NITM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad