Kompetisi Sains Jadi Bagian Program Penguatan Pendidikan Karakter - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 19 Desember 2021

Kompetisi Sains Jadi Bagian Program Penguatan Pendidikan Karakter


Jakarta, Anetry.Net
Pemerintah genjot kompetisi di bidang sains sebagai salah satu bagian program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). 


PPK merupakan kebijakan pendidikan yang tujuan utamanya adalah untuk mengimplementasikan Nawacita Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla, dalam sistem pendidikan nasional. 

 

Kebijakan PPK ini terintegrasi dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yaitu perubahan cara berpikir, bersikap, dan bertindak menjadi lebih baik.

 

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi, mengatakan,  berprestasi di ajang seperti olimpiade sains menjadi bagian dari penguatan pendidikan karakter.

 

"Penguatan Pendidikan Karakter terus dilaksanakan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas prestasi peserta didik di bidang kompetisi sains baik dalam skala nasional maupun internasional," kata Asep dalam keterangan pers, Jumat, lalu.

 

Ia menambahkan, Sekretariat Jenderal, Pusat Prestasi Nasional, selama ini berupaya mengikutsertakan para siswa berprestasi sains di tingkat nasional untuk berkompetisi di tingkat internasional. 

 

Salah satu keterlibatan dalam olimpiade sains internasional adalah melalui ajang International Junior Science Olympiad (IJSO) yang berlangsung di Dubai, 12-21 Desember 2021. Ada 6 siswa SMP yang mengikuti IJSO secara daring.

 

"Sepanjang tahun 2021 siswa kita telah membawa pulang banyak medali dari Olimpiade Internasional. Mudah-mudahan menjadi bekal pengalaman dan menjadi inspirasi untuk sesama pelajar," katanya.

 

Ia mengatakan, para siswa yang berkompetisi di ajang internasional tersebut merupakan bukti bahwa upaya mencari prestasi dapat dilakukan, meski di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang. "Kita dapat terus berprestasi dalam keadaan apapun termasuk dalam situasi pandemi seperti ini,” ujarnya.

 

Asep meyakini persiapan para siswa tersebut sudah cukup matang. Para siswa yang mengikuti IJSO diharapkan membuahkan hasil maksimal berupa medali. (sumber: pikiranrakyat/Pict by masterstudies)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad