Guru dan Kepala Sekolah Akui Merdeka Belajar Berdampak pada Pembelajaran - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 01 Desember 2021

Guru dan Kepala Sekolah Akui Merdeka Belajar Berdampak pada Pembelajaran


Jakarta, Anetry.Net
– Sebagian besar guru yang ditemui Mendikbudristek Nadiem Makarim mengaku bahwa program Merdeka Belajar telah membuka paradigma baru sebagai seorang pendidik dan berdampak pada pembelajaran yang dikelolanya.

 

Hal itu tergambar dalam sesi bincang pendidikan bersama para guru dan kepala sekolah penggerak pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021. Nadiem mengaku terkesan dengan respons para guru mengenai Merdeka Belajar.

 

“Setiap bertemu para guru, saat saya minta mereka bercerita tentang dampak program ini, mereka mulai menangis. Mereka mengatakan, ‘Selama ini, saya salah mengerti mengenai fungsi dan peran saya sebagai guru’. Kesadaran itu membuat mereka emosional. Dari situ saya sadar, Guru Penggerak adalah ‘virus positif’ yang akan menyebar luas,” dikatakan Mendikbudristek di Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (25/11/2021) lalu.

 

Mendikbudristek juga menyebut seputar program Sekolah Penggerak. Salah satu yang membuatnya antusias dengan program Sekolah Penggerak adalah fleksibilitas yang ditawarkan pada penerapan kurikulum prototipe. Sehingga, guru dapat mengajar dan membimbing siswa sesuai dengan level capaian belajarnya. Dengan demikian, tidak ada siswa yang tertinggal dan semakin tertinggal dalam pembelajaran.

 

“Jadi, guru itu mau mundur sedikit supaya anak-anaknya tidak ketinggalan, itu boleh. Kalau ada kelas-kelas yang mau lebih cepat lagi, itu boleh,” jelasnya.

 

“Kalau semua anak di semua provinsi dipatok sama, itu tidak masuk akal. Jadi, guru-guru harus menyesuaikan kemampuan para murid,” tambah Menteri Nadiem. (gtk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad